Saturday, November 27, 2010

Pasar seni sukawati




Yakin deh saya kalau nama SUKAWATI udah ga asing lage bagi mereka yg pernah maupun belum pernah ke Bali. Sukawati adalah sebuah kecamatan di Kab.Gianyar. Sukawati juga nama desa. Sebenarnya, warga asli Sukawati adalah jagonya pembuat topeng khususnya topeng barong dan rangda serta perajin wayang kulit. Tapi ketenarannya kalah oleh hebohnya pasar seni yg ada disana yaitu Pasar Sukawati.


Pasar sukawati ini terletak sekitar 30km arah timur Denpasar (40 menit drive dari Kuta), dipinggir jalan raya Sukawati. Kalau dari arah Denpasar, pasar seni ada di kiri jalan dan pasar tradisional ada dikanan jalan. Gampang banget nyarinya. Disini ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang2 seni, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dll. Motifnya unik dan khas Bali. Cukup puyeng juga seh kalo masuk kesini, rame banget. Tapi kalau buat yg suka shopping, Sukawati adalah surganya.

Di Sukawati WAJIB MENAWAR. Para pedagang biasanya akan buka harga tinggi. Jangan pake ragu, langsung ajah tawar ke CEBAN alias IDR 10.000.- Mereka ga marah kok, namanya juga menawar. Nah nanti silahkan dilanjutkan negosiasinya. Naikin penawaran jangan kelewatan, cukup dari 10rb jadi 11rb, kemudian naik lage 12rb dstnya sampai tawaran anda mentok. Kalo ga dikasi..cabut ajah, paling dipanggil nantinya ama yg jualan. Kalau ga dipanggil lage artinya tawaran anda ga masuk itungan modal beli dia hehehe..Kalo ajah masuk dan mereka dapat profit walau hanya 1000 perak doang, yakin anda dipanggil kok.


Belanja murah di Sukawati juga harus tetap memperhatikan kualitas barang. Mesti dicek bener kondisinya, jangan sampai ukurannya kekecilan dan tidak sesuai dengan yg terjahit dilabel, atau jahitannya jelek dan lepas. Bila perlu coba langsung disana, ga apa apa kok. Kalau sekedar buat oleh-oleh sih ga masalah. Cuman untuk dipakai sendiri, mendingan cari disekitar Kuta utk kaos-kaos, daster, atau celana pantai. Sandal manik-manik juga kualitasnya agak kurang bagus sih. Apalagi lukisannya, kualitasnya agak dibawah. Lebih baik cari lukisan di Batuan/Ubud, kualitasnya jauh. Secara umum, mode dan design yg ada di Sukawati kalah dibandingkan dengan Kuta, karena Kuta adalah pusatnya mode. Tentu saja harga juga beda boss….hehehehe…
Hampir kelupaan, orang biasa mengatakan ada 2 pasar Sukawati, istilahnya Sukawati 1 (lama) dan Sukawati 2 (baru). Sebenarnya Sukawati 1 adalah pasar yg lama dan saya tulis di blog ini, sedangkan Sukawati 2 adalah Pasar Seni Guwang yg jaraknya cuman 5km dari Sukawati 1. Tapi harga di Guwang lebih mahal dari Sukawati. Barangnya sama, lebih komplit malahan di Sukawati lama. Orang yg punya kios juga sama. Terserah anda mau jalan kemana, yang penting belanja murah dan happy…..LIHAT, COBA, TAWAR, COCOK, BUNGKUSSSS…………..
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pasar seni sukawati
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pasar seni sukawati
Semoga artikel Pasar seni sukawati ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet