Oleh :
Winarno Adhi Prasetyo
NIM.07408141024
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap konsumen dari
persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk online shopping. (2) Keeratan antara persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan
pembelian produk online shopping.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna forum jual beli online
kaskus.
Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 85 orang. Uji coba
kuesioner terdiri dari uji validitas dengan menggunakan metode korelasi product moment hasil
yang diperoleh adalah nilai Corrected item-Total Corelation. Hasil yang diperoleh untuk dimensi
persepsi diantaranya 0,661 untuk item produk, 0,712 untuk item atribut, 0,662
untuk item manfaat. Dimensi perasaan meliputi item aman sebesar 0,363, item
percaya diri sebesar 0,614 , item diterima teman sebesar 0,648, item ekspresi
diri sebesar 0,706. Dimensi Kepercayaan meliputi item kejujuran sebesar 0,505,
item tepat janji sebesar 0,714, item perhatian sebesar 0,514, item pemenuhan
kebutuhan sebesar 0,541, item reputasi sebesar 0,538, item konsistensi sebesar
0,528. Dimensi keputusan pembelian meliputi item pencarian informasi sebesar
0,484, item varian produk sebesar 0,640, item dorongan beli sebesar 0,542 dan
item rekomendasi sebesar 0,540. Uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha hasil yang diperoleh adalah variabel sikap
konsumen sebesar 0,668 dan variabel keputusan pembelian sebesar 0,750.
Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskirptif, analisis regresi linear berganda dan pengujian
koefisien regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan baik secara simultan
maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
produk online shopping. Masing-masing
dimensi tersebut mempunyai hubungan yang erat terhadap keputusan pembelian.
Diantara dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan, dimensi kepercayaan
merupakan dimensi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci: Sikap Konsumen, Persepsi, Perasaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Produk Online