Saturday, May 11, 2013

Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shopping




Oleh :
Winarno Adhi Prasetyo
NIM.07408141024

ABSTRAK
       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap konsumen dari persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk online shopping. (2) Keeratan antara persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk online shopping.
       Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna forum jual beli online kaskus. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 85 orang. Uji coba kuesioner terdiri dari uji validitas dengan menggunakan metode korelasi product moment hasil yang diperoleh adalah nilai Corrected item-Total Corelation. Hasil yang diperoleh untuk dimensi persepsi diantaranya 0,661 untuk item produk, 0,712 untuk item atribut, 0,662 untuk item manfaat. Dimensi perasaan meliputi item aman sebesar 0,363, item percaya diri sebesar 0,614 , item diterima teman sebesar 0,648, item ekspresi diri sebesar 0,706. Dimensi Kepercayaan meliputi item kejujuran sebesar 0,505, item tepat janji sebesar 0,714, item perhatian sebesar 0,514, item pemenuhan kebutuhan sebesar 0,541, item reputasi sebesar 0,538, item konsistensi sebesar 0,528. Dimensi keputusan pembelian meliputi item pencarian informasi sebesar 0,484, item varian produk sebesar 0,640, item dorongan beli sebesar 0,542 dan item rekomendasi sebesar 0,540. Uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha hasil yang diperoleh adalah variabel sikap konsumen sebesar 0,668 dan variabel keputusan pembelian sebesar 0,750. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskirptif, analisis regresi linear berganda dan pengujian koefisien regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk online shopping. Masing-masing dimensi tersebut mempunyai hubungan yang erat terhadap keputusan pembelian. Diantara dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan, dimensi kepercayaan merupakan dimensi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci: Sikap Konsumen, Persepsi, Perasaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Produk Online


Friday, May 3, 2013

Hati-hati Penipuan dan Laporkan Bila ada Website Yang Mencurigakan (terutama Penipuan)

Siang hari ini saya mendapatkan sms yang katanya dari telkomsel, tapi saya curiga kenapa pake no hp biasa. Sms tersebut memberitahukan bahwa saya pemenang dalam undian poin yang katanya dari telkomsel. Curiga karena website yang diberikan dalam sms tersebut adalah website gratisan, seperti NAMASITUS.webs.com , dibelakang ada embel-embel webs.com berarti website tersebut numpang sama perusahaan webs.com. Sama halnya blog saya winarnoadhi.blogspot.com berarti saya numpang webblog sama blogspot atau blogger milik google ini.

Kaget melihat tampilan situs si penipu yang berkedok undian dari telkomsel poin ini. Situsnya sangat mirip dengan situs asli telkomsel. Jika orang awam pasti akan terkecoh. Karena hadiah yang ditawarkan si penipu ini hadiah yang menggiurkan, mobil mewah, uang tunai bahkan emas batangan. Jika melihat hal demikian anda patut melaporkan ke admin tempat web tersebut dibuat. Misalnya, si penipu ini membuat web dengan nama belakang webs.com seperti yang saya jabarkan di paragraf pertama.  Maka yang harus anda lakukan adalah report abuse. Atau melaporkan ke pihak webs bahwa ada terjadi penyalah gunaan web blog.

Anda visit ke web.com dan cari dibagian bawah link yang namanya 'report abuse' . Setelah itu isi  lengkap form yang tersedia, dan laporkan alasan bahwa ada terindikasi penyalah gunaan/ penipuan. Nanti pihak admin akan melaporkan via email, web blog yang penipu tersebut sudah di blok/atau dihapus. oke sekian, semoga kita bisa peduli, sama halnya ketika anda menemukan duri dijalan, akan menjadi amal baik bagi orang lain. 


Kenapa Buruh Selalu Menuntut Lebih dan Lebih?

Hari ini adalah tanggal 30 april 2013. Besok merupakan hari buruh, pasti rame demo. Mereka merampas hak pengguna jalan, bahkan mengganggu ketertiban umum. saya sudah sering melihat perilaku mereka. tanpa disadari mereka merusak masa depan mereka sendiri. Sudah banyak contoh, akibat dari demo mereka tidak produktif bekerja, yang berimbas kepada perusahaan yang mereka naungi merugi bahkan jatuh bangkrut.

Saya tidak mengerti apa yang mereka pikirkan. Kenapa mereka selalu menuntuk hak, tanpa memikirkan kewajiban mereka. Mereka menuntut lebih dari produktifitas mereka.
 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet