Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Pasar bisnis terdiri dari semua organisasi yang mendapatkan barang dan
jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian
dijual, disewakan atau dipasok ke organisasi lain. Industri utama yang termasuk
didalam pasar bisnis adalah pertanian,
perhutanan dan perikanan; pertambangan; manufaktur; konstruksi;
transportasi;komunikasi; utilitas public; perbankan; keuangan dan asuransi.
Pemasar bisnis menghadapi banyak tantangan yang sama dengan yang dihadapi
pemasar konsumen. Lebih khususnya , memahami pelanggan mereka dan paa yang
mereka hargai merupakan hal yang sangat penting bagi keduanya. Meskipun
demikian, pemasar bisnis mempunyai beberapa karakteristik pasar konsumen:
Pembeli yang lebih sedikit tetapi lebih
besar
Pemasar bisnis
biasanya berhubungan dengan pembeli yang jauh lebih sedikit tetapi jauh lebih
besar dibandingkan pemasar konsumen. Terutama dalam industri seperti mesin
pesawat terbang dan senjata pertahanan.
Hubungan pemasok-pelanggan yang erat
Karena bisnis
pelanggan yang lebih kecil serta pengaruh dan kekuatan pelanggan yang lebih
besar, pemasok sering diharapkan bisa menyesuaikan penawaran merek dengan
kebutuhan pelanggan bisnis secara individu. Pemmbeli bisnis sering memilih
pemasok yang juga membeli dari mereka. Produsen kertas mungkin membeli dari
perusahaan kimia yang membeli sejumlah besar kertasnya.
Pembelian professional
Barang brang
bisnis sering dibeli oleh agen pembelian yang sudah terlatih, yang harus
mengikuti kebijakan, batasan dan syarat pembelian organisasi mereka. Banyak
instrument pembelian biasanya tidak ditemukan dalam pembelian konsumen.
Pengaruh pembelian berganda.
Umumnya
keputusan pembelian bisnis dipengaruhi lebih banyak orang. Komite pembelian
terdiri dari ahli-ahli teknik dan hakan manajemen senior menjadi pihak yang
sering melakukan pembelian barang-barang utama. Pemasar bisnis harus
mengirimkan perwakilan penjualan dan tim penjualan yang terlatih untuk
menghadapi pembeli yang terlatih.
Panggilan penjualan berganda
Satu studi yang
dilakukan Mcgraw-Hill menemukan bahwa diperlukan empat samap empat setengah
panggilan untuk menutup rata-rata penjualan industri. Dalam kasus penjualan
peralatan modal untuk proyek besar, perusahaan dapat melakukan berbagai usaha
untuk mendanai sebuah proyek dan siklus penjualan antara menyebutkan tugas dan
menghantarkan produk.
Permintaan turunan
Permintaaan
untuk barang bisnis pada dasarnya diturunkan dari permintaan barang konsumen.
Untuk alasan ini , pemasar bisnis harus mengamati secara teliti pola pembelian
konsumen akhir. Misalnya, tiga besar pembuat mobil di Detroit berpengaruh besar terhadap lonjakan
permintaan produk batangan baja. Sebagian besar permintaan itu diturunkan dari
konstannya pertumbuhan penjualan minivan dan truk kecil lain, yang membutuhkan
lebih bayak baja dibandingkan mobil.
Permintaan Inelastis
Total permintaan
untuk berbagai barang dan jasa bisnis bersifat inelastic-artinya, tidak banyak
dipengaruhi oleh perubahan harga. Pembuat sepatu tidak akan membeli kulit lebih
banyak lagi jika harga kulit turun, juga tidak akan membeli kulit lebih sedikit
jika harga naik, kecuali jika mereka dapat menemukan pengganti yang memuaskan.
Permintaan yang berfluktuasi
Permintaan
barang dan jasa bisnis cenderung lebih tidak stabil dibandingkan permintaan
barang dan jasa konsumen. Peningkatan persentase sebesar nilai tertentu dalam
permintaan konsumen dapat menyebabkan peningkatan persentase yang jauh lebih
besar untuk pabrik dan peralatan yang diperlukan untuk memproduksi tambahan
outputnya.
Pembeli yang terkonsentrasi secara
geografis
Lebih dari
setengah pembeli di AS terkonsentrasi di tujuh Negara bagian: New
York , California , Pennsylvania , Illinois , ohio , new Jersey , dan Michigan . Konsentrasi
produsen secara geografis membantu megurangi biaya penjualan. Pada saat yang
sama, pemasar bisnis harus mengamati perubahan regional dalam industri
tertentu.
Pembelian langsung
Pembeli bisnis
sering membeli langsung dari produsen dan tidak melalui perantara, terutama
barang-barang yang rumit secara teknis atau mahal seperti computer mainframe
atau pesawat terbang.
Situasi Pembelian
Pembeli bisnis
harus memutuskan banyak hal sebelum melakukan pembelian. Jumlahnya tergantung
pada situasi pembelian: Kompleksitas masalah yang dihadapi, seberapa baru
persyaratan pembelian, jumlah orang yang terlibat dan waktu yang diperlukan.
Ketiga jenis situasi pembelian itu adalah pembelian kembali langsung, pembelian
kembali modifikasi, dan tugas baru.
Tahap-Tahap Dalam Proses
Pembelian
1. Masalah
Pengakuan
Proses
pembelian dimulai ketika seseorang di perusahaan mengakui masalah atau
kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan mengakuisisi barang atau jasa. Pengakuan
dapat dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal. Secara internal, beberapa
kejadian umum menyebabkan pengenalan masalah. Perusahaan memutuskan untuk
mengembangkan produk baru dan kebutuhan peralatan baru dan material.
2. Butuh
Umum Deskripsi dan Spesifikasi Produk
Selanjutnya,
pembeli menentukan karakteristik umum barang yang dibutuhkan dan kuantitas yang
dibutuhkan. Untuk item standar, ini sederhana. Untuk item kompleks, pembeli
akan bekerja dengan orang lain-insinyur, pengguna-untuk menentukan
karakteristik seperti keandalan, daya tahan, atau harga. pemasar bisnis dapat
membantu dengan menjelaskan bagaimana produk mereka memenuhi atau bahkan
melampaui kebutuhan pembeli.
3. Cari
Supplier
Pembeli
berikutnya akan mencoba untuk mengidentifikasi pemasok yang paling tepat
melalui direktori perdagangan, kontak dengan perusahaan lain, iklan perdagangan,
dan pameran dagang. Bisnis pemasar juga menempatkan produk, harga, dan
informasi lainnya di Internet.
4. E-Procurement
situs
Web diatur sekitar dua jenis e-hub: hub vertikal berpusat pada industri
(plastik, baja, kimia, kertas) dan hub fungsional (logistik, media pembelian,
periklanan, manajemen energi). Selain menggunakan situs-situs Web, perusahaan
dapat melakukan e-procurement dengan cara lain:
a)
Langsung extranet link ke pemasok utama.
Sebuah perusahaan dapat mengatur link extranet kepada pemasok utama. Sebagai
contoh, dapat mengatur account e-procurement langsung di Dell atau Office
Depot, dan karyawan dapat melakukan pembelian mereka dengan cara ini.
b)
Membeli aliansi. Coca-Cola, Sara Lee, Kraft,
PepsiCo, Gillette, P & G, dan beberapa perusahaan lain bergabung untuk
membentuk aliansi membeli disebut Transora untuk menggunakan leverage gabungan
mereka untuk mendapatkan harga yang lebih rendah untuk bahan baku.
c)
Perusahaan membeli situs. General Electric
Trading Proses membentuk Jaringan (TPN) di mana posting permintaan untuk usulan
(RFP), melakukan negosiasi istilah, dan pesanan tempat
5. Permohonan
Proposal
Pembeli
mengundang pemasok yang memenuhi syarat untuk mengajukan proposal. Jika item
rumit atau mahal, pembeli akan memerlukan proposal tertulis rinci dari setiap
pemasok yang berkualitas. Setelah mengevaluasi proposal, pembeli akan
mengundang beberapa pemasok untuk membuat presentasi formal. Bisnis pemasar harus terampil dalam meneliti, menulis, dan mempresentasikan
proposal. proposal tertulis harus pemasaran dokumen yang menggambarkan nilai
dan manfaat dalam hal pelanggan. presentasi oral harus menginspirasi
kepercayaan diri, dan posisi kemampuan perusahaan dan sumber daya sehingga
mereka berdiri keluar dari kompetisi.
6. Supplier
Seleksi
Sebelum
memilih pemasok, pusat membeli akan menentukan atribut pemasok yang diinginkan
dan menunjukkan kepentingan relatif mereka. Untuk menilai dan mengidentifikasi
para pemasok yang paling menarik, membeli pusat sering menggunakan model
evaluasi pemasok seperti yang ditunjukkan pada Tabel
7.
Spesifikasi
Order-Rutin
Setelah
memilih pemasok, pembeli melakukan negosiasi urutan terakhir, daftar
spesifikasi teknis, jumlah yang dibutuhkan, diharapkan waktu pengiriman,
kebijakan kembali, jaminan, dan sebagainya. Banyak pembeli industri penyewaan
alat berat seperti mesin dan truk. Keuntungan penyewa sejumlah keuntungan:
konservasi modal, mendapatkan produk terbaru, menerima layanan yang lebih baik,
dan beberapa keuntungan pajak. lessor sering berakhir dengan laba bersih yang
lebih besar dan kesempatan untuk menjual kepada pelanggan yang tidak mampu
membeli langsung
8. Tinjauan
Kinerja
Pembeli
periodik melakukan review kinerja pemasok yang dipilih (s). Tiga metode yang
umum digunakan. Pembeli dapat menghubungi pengguna akhir dan meminta evaluasi
mereka, pembeli bisa menilai pemasok pada beberapa kriteria menggunakan metode
skor tertimbang, atau pembeli mungkin agregat biaya kinerja yang buruk untuk
datang dengan biaya disesuaikan pembelian, termasuk harga. Review kinerja dapat
menyebabkan pembeli untuk melanjutkan, memodifikasi, atau mengakhiri hubungan
pemasok.
Mengelola Hubungan Business-To-Business
Pelanggan
a.
Manfaat Koordinasi Vertikal
Hubungan
antara biro iklan dan klien menggambarkan temuan-temuan:
1.
Pada tahap pembentukan hubungan, salah satu
pasangan mengalami pertumbuhan pasar yang cukup besar. Produsen memanfaatkan
teknik produksi massal yang dikembangkan merek nasional, yang meningkatkan
pentingnya dan jumlah iklan media massa.
2.
Informasi asimetri antara pasangan itu
seperti bahwa kemitraan akan menghasilkan keuntungan lebih dibandingkan jika
pasangan berusaha untuk menyerang daerah perusahaan lain. biro iklan memiliki
pengetahuan khusus bahwa klien mereka akan mengalami kesulitan mendapatkan.
3.
Setidaknya satu pasangan memiliki hambatan
tinggi untuk entri tersebut akan mencegah mitra lainnya dari memasuki bisnis.
Biro iklan tidak bisa dengan mudah menjadi produsen nasional, dan selama
bertahun-tahun, produsen tidak memenuhi syarat untuk menerima komisi media.
4.
Ketergantungan asimetri ada seperti bahwa
salah satu pasangan lebih mampu mengendalikan atau mempengaruhi melakukan lain.
biro iklan memiliki kontrol atas akses media.
5.
Salah satu pasangan manfaat dari skala
ekonomi yang berkaitan dengan hubungan. lembaga Iklan diperoleh dengan menyediakan
informasi pasar yang sama untuk beberapa klien.
hubungan pembeli-pemasok menjadi delapan kategori yang berbeda
hubungan pembeli-pemasok menjadi delapan kategori yang berbeda
1.
Dasar membeli dan menjual - relatif
sederhana, pertukaran rutin dengan tingkat yang cukup tinggi kerjasama dan
pertukaran informasi.
2.
Bare tulang - mirip dengan dasar dan jual
beli tapi adaptasi lebih oleh penjual dan kurang kerjasama dan pertukaran
informasi.
3.
transaksi Kontrak - umumnya tingkat
kepercayaan yang rendah, kerjasama, dan interaksi; tukar ditentukan oleh
kontrak formal.
4.
Pelanggan pasokan - tradisional pasokan
situasi custom dimana persaingan daripada kerjasama adalah bentuk pemerintahan
yang dominan
5.
Sistem Koperasi - meskipun ditambah erat
dengan cara operasional, partai tidak menunjukkan komitmen struktural melalui
jalur hukum atau pendekatan adaptasi.
6.
Kolaborasi - banyak kepercayaan dan komitmen
menuju kemitraan sejati.
7.
Saling adaptif - adaptasi hubungan-khusus
banyak untuk pembeli dan penjual, tetapi tanpa kepercayaan harus kuat atau
kerjasama.
8.
Pelanggan adalah raja-meskipun terikat dengan
erat, hubungan kerja sama, penjual beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan tanpa mengharapkan banyak adaptasi atau mengubah pada bagian
pelanggan di bursa.
b.
Hubungan Bisnis: Risiko dan Oportunisme
Buvik dan
John mencatat bahwa dalam membangun hubungan pelanggan-pemasok, ada ketegangan
antara melindungi dan adaptasi. Koordinasi vertikal dapat memfasilitasi
pelanggan-kuat ikatan penjual tetapi pada saat yang sama dapat meningkatkan
risiko investasi pelanggan dan pemasok tertentu. investasi khusus pengeluaran
yang disesuaikan dengan sebuah perusahaan tertentu dan nilai pasangan rantai
(misalnya, investasi dalam pelatihan khusus perusahaan, peralatan, dan prosedur
operasi atau sistem). investasi khusus membantu perusahaan tumbuh keuntungan dan
mencapai posisi mereka
c.
Pasar Institusi dan Pemerintah
Pasar
kelembagaan terdiri dari sekolah, rumah sakit, panti jompo, penjara, dan
lembaga lain yang harus menyediakan barang dan jasa kepada orang-orang dalam
perawatan mereka. Banyak dari organisasi tersebut ditandai dengan anggaran
rendah dan clienteles tawanan. Misalnya, rumah sakit harus memutuskan apa
kualitas makanan yang harus dibeli untuk pasien. Tujuan membeli di sini bukan
keuntungan, karena makanan disediakan sebagai bagian dari paket pelayanan
total; juga adalah meminimalkan biaya tujuan tunggal, karena makanan yang buruk
akan menyebabkan pasien untuk mengeluh dan melukai reputasi rumah sakit. Agen
pembelian rumah sakit harus mencari vendor kelembagaan-makanan yang kualitasnya
memenuhi atau melebihi standar minimum tertentu dan harga yang rendah.
Di sebagian besar negara, organisasi pemerintah merupakan pembeli utama barang dan jasa. organisasi Pemerintah biasanya membutuhkan supplier untuk memasukkan penawaran, dan biasanya mereka penghargaan kontrak untuk penawar terendah. Dalam beberapa kasus, unit pemerintah akan membuat penyisihan kualitas unggul pemasok atau reputasi untuk menyelesaikan kontrak tepat waktu. Pemerintah juga akan membeli secara kontrak dinegosiasikan, terutama dalam kasus proyek yang kompleks yang melibatkan R & D besar biaya dan risiko dan dalam kasus di mana ada sedikit kompetisi. organisasi Pemerintah cenderung memilih pemasok domestik. Sebuah keluhan utama perusahaan multinasional beroperasi di Eropa adalah bahwa masing-masing negara menunjukkan favoritisme terhadap warganya meskipun tawaran unggul tersedia dari perusahaan asing.
Di sebagian besar negara, organisasi pemerintah merupakan pembeli utama barang dan jasa. organisasi Pemerintah biasanya membutuhkan supplier untuk memasukkan penawaran, dan biasanya mereka penghargaan kontrak untuk penawar terendah. Dalam beberapa kasus, unit pemerintah akan membuat penyisihan kualitas unggul pemasok atau reputasi untuk menyelesaikan kontrak tepat waktu. Pemerintah juga akan membeli secara kontrak dinegosiasikan, terutama dalam kasus proyek yang kompleks yang melibatkan R & D besar biaya dan risiko dan dalam kasus di mana ada sedikit kompetisi. organisasi Pemerintah cenderung memilih pemasok domestik. Sebuah keluhan utama perusahaan multinasional beroperasi di Eropa adalah bahwa masing-masing negara menunjukkan favoritisme terhadap warganya meskipun tawaran unggul tersedia dari perusahaan asing.
MENJUAL KE PEMERINTAH
1.
Dapatkan di Pemerintah Katalog TI. GSA
menjalankan katalog online barang dan jasa untuk instansi pemerintah. Sekitar
28 persen arus pengeluaran pemerintah federal melalui katalog Jadwal 70, yang
mencakup lebih dari 2000 vendor teknologi. Mendapatkan sebuah bisnis yang
terdaftar dapat menjadi penting. Aplikasi dapat dilakukan secara elektronik.
Ingatlah untuk menjabarkan struktur harga hati-hati.
2.
Pekerjaan Jalan Anda Dalam. Usaha
kecil-terutama yang dimiliki oleh perempuan dan minoritas-sering dibutuhkan
oleh usaha besar untuk memenuhi usaha kecil set-asides. Untuk memaksimalkan
probabilitas bahwa:
• Pastikan
bahwa kontraktor dapat menemukan Anda. Dapatkan
terdaftar di Small Business Administration Jaringan Subkontrak
• Tetap
di atas kontrak-kontrak utama. Beberapa situs web menyediakan update untuk
transaksi terbaru yang mungkin memberikan kesempatan
• Kerja
sudut. Bertemu dengan calon peserta lelang dan menjelaskan kualifikasi Anda.
3.
Jaringan aktif. Menghadiri salah satu pameran
dagang besar, seperti FOSE, GSA Expo, atau E-Gov.
Menganalisis Pasar Bisnis
Oleh:
Fajar Arif
W (07408141033)
Winarno
Adhi Prasetyo (07408141024)
Ar
Rafsanjani (07408141022)
Anshori
Wibowo (07408141025)
Agung
Mahendra P (07408141031)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
|
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Semoga artikel Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Judul: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Semoga artikel Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
2 komentar:
nice...
Vinyl Lantai Harga Murah
Toko Lantai Vinyl
Jual Lantai Vinyl
Distributor Lantai Vinyl
Vinyl Lantai Rumah Sakit
Wallpaper Dinding 3D
Wallpaper Custom
Post a Comment
Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...