Saturday, May 11, 2013

Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shopping






Oleh :
Winarno Adhi Prasetyo
NIM.07408141024

ABSTRAK
       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap konsumen dari persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk online shopping. (2) Keeratan antara persepsi, perasaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk online shopping.
       Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna forum jual beli online kaskus. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 85 orang. Uji coba kuesioner terdiri dari uji validitas dengan menggunakan metode korelasi product moment hasil yang diperoleh adalah nilai Corrected item-Total Corelation. Hasil yang diperoleh untuk dimensi persepsi diantaranya 0,661 untuk item produk, 0,712 untuk item atribut, 0,662 untuk item manfaat. Dimensi perasaan meliputi item aman sebesar 0,363, item percaya diri sebesar 0,614 , item diterima teman sebesar 0,648, item ekspresi diri sebesar 0,706. Dimensi Kepercayaan meliputi item kejujuran sebesar 0,505, item tepat janji sebesar 0,714, item perhatian sebesar 0,514, item pemenuhan kebutuhan sebesar 0,541, item reputasi sebesar 0,538, item konsistensi sebesar 0,528. Dimensi keputusan pembelian meliputi item pencarian informasi sebesar 0,484, item varian produk sebesar 0,640, item dorongan beli sebesar 0,542 dan item rekomendasi sebesar 0,540. Uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha hasil yang diperoleh adalah variabel sikap konsumen sebesar 0,668 dan variabel keputusan pembelian sebesar 0,750. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskirptif, analisis regresi linear berganda dan pengujian koefisien regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk online shopping. Masing-masing dimensi tersebut mempunyai hubungan yang erat terhadap keputusan pembelian. Diantara dimensi persepsi, perasaan dan kepercayaan, dimensi kepercayaan merupakan dimensi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci: Sikap Konsumen, Persepsi, Perasaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Produk Online


Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shopping
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shopping
Semoga artikel Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shopping ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

2 komentar:

UNDERGROUND Paper said... Balas Komentar

Artikelnya bagusss...
Pasar online sungguh menjanjikan saat ini maupun di tahun mendatang. oleh karena itu penting bagi pemasar untuk memahami lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian online.
Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian online.
Klik --> Makalah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

Handi Yan said... Balas Komentar

Artikel yang menarik, terima kasih gan postingannya...

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet