Monday, October 18, 2010

Istilah-Istilah Dasar Adsense



Sudah tertarik setelah membaca 'Dapat Jutaan Hingga Miliaran rupiah dari Blog' yang saya posting sebelumnya? Bagi para blogger yang baru mau ikutan program Adsense ini, mungkin banyak istilah-istilah asing. Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya mencermati istilah berikut:


Publisher

Publisher adalah orang atau pemilik situs web/blog yang sudah bergabung dan memasang iklan Adsense di situs mereka.

AD Units

Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan CPC-nya.

Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, Hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temu di situs-situs web. Yang membedakan link units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunung mengklik salah satu Ad Units yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

Adsense For Content

Adsense For Content adalah iklan Adsense yang dipasang di suatu halaman iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut, atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.

Alternate Ads

Pada adsense for content, Iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default yang ditampikan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads)

Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads Atau iklan Alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil,yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

Channels

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, Adsense for Search dan Referral. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Dihalaman laporan Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa Adsense mereka.

Umumnya publisher akan memberikan nama Channel yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlua diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.


Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman tersebut.

Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan Adsense, Publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan maupun berdasarkan Ad Units atau Channel-nya.

CTR (Click Through Rate)

CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampikan 40 kali dan diklik 10 kali memiki nilai CTR 25% (10:40)

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitaas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

eCPM (Efektive CPM)

eCPM atau CPM (Cost per Million) adalah hasi pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50000 impresi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50) .

Nanti jika ada istilah lain, saya akan update pisss
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Istilah-Istilah Dasar Adsense
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Istilah-Istilah Dasar Adsense
Semoga artikel Istilah-Istilah Dasar Adsense ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet