Tuesday, October 26, 2010

Sekilas Tentang SEO



Search Engine Optimization atau sering disingkat SEO adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku konsumen (user/pemakai/pengunjung website/blog), perilaku dan aturan yang ada pada mesin pencari (semisal google.com atau yahoo.com) serta apa yang harus kita lakukan pada website yang sedang kita kelola, sehingga web/blog kita senantiasa muncul alias nongol di page teratas saat user memasukan kata kunci atau keyword.

Tujuannya agar menarik pengunjung baru ke blog kita. Dan blog kita menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang tepat yang memang sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar atau bahkan semua pengguna internet akan menggunakan search engine bila tidak mengetahui situs mana yang akan dituju untuk memenuhi kebutuhannya. Nah, disinilah menariknya, karena pengunjung jarang sekali yang akan rela, meneliti satu persatu hasil pencarian search engine. Untuk itulah peringkat yang bagus di search engine mutlak diperlukan.

Lalu Bagaimana?


Sebagaimana manusia yang berusaha memasarkan produk secara offline, hal yang paling dibutuhkan adalah sebuah BRAND. Branding dalam marketing adalah sebuah keniscayaan. Sehingga customer selalu ingat akan sebuah produk setiap ia membutuhkannya.

Nah, dalam hal SEO, siapakah customer-Nya?Tidak lain dan tidak bukan adalah search engine itu sendiri. Nah, Clue satu sudah didapat,tinggal bagaimana agar selalu mengingat blog anda setiap kata kunci yang berhubungan dengan website atau peroduk yang ada dalam website/blog anda.


Tahapan SEO

Sebelum anda menunjukan apa dan bagaimana website dan produk anda, sudah semestinya anda harus yakin bahwa website telah benar-benar siap untuk dilihat orang lain termasuk search engine.

Apa saja yang harus dipersiapkan?

Meski tidak utama, tapi design website/blog yang bagus sangat menunjang profesionalitas anda. Selain itu hubungan antar halaman harus jelas dan mudah, tentu saja agar search engine mudah membacanya juga. Ditunjang pula dengan struktur file yang rapih. Struktur file yang acak-acakan akan mempersulit search engine membaca website anda.

Nah Tahapan berikutnya setelah yakin bahwa website/blog anda benar-benar siap adalah mengumumkan bahwa website anda ada. Ada pepatah "tak kenal maka tak sayang". Sama halnya dengan mesin pencari, bila tak kenal website/blog anda tentu tidak akan menampilkan website anda di halaman pencariannya.

Kenalan dengan search engine bisa banyak cara:

1. kenalan langsung di www.google.co.id/addurl.
2. Bila situs memiliki feed, daftarkan feed ke dalam feedburner.com
3. Daftarkan situs anda ke Google Webmaster Tools, tambahkan sitemap dan lakukan verifikasi situs.

Sebenarnya masih banyak cara yang lainnya, tukang blog ga akan selalu kehabisan ilmu..hehe..
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Sekilas Tentang SEO
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Sekilas Tentang SEO
Semoga artikel Sekilas Tentang SEO ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet