Judul skripsi : ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR
A. Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini, di abad 21, pola hidup
masyarakat Indonesia
semakin maju. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat seiring
dengan perkembangan jaman. Pengaruh perkembangan tersebut sangat nyata,
misalnya terciptanya fasilitas-fasilitas yang memudahkan kegiatannya sejalan
dengan perkembangan teknologi tersebut.
Salah satu dampak dari
perkembangan teknologi tersebut adalah semakin banyak berkembang pasar swalayan
ataupun supermarket, pusat pembelanjaan yang semakin banyak menawarkan
kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya secara mudah dan efisien. Dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang
didirikan maka persaingan antar pusat perbelanjaan semakin tinggi, yang
menyebabkan anggota masyarakat atau konsumen ingin dilayani lebih baik lagi,
sesuai apa yang diinginkan bagi pemenuhan kebutuhan lainnya. Hal ini membuat
beban pemasaran semakin berat, karena tugas dari pemasaran merupakan fungsi
paling penting dari perusahaan. (Sofyan Assauri, 1992; 6)
Dalam menghadapi persaingan
yang semakin ketat, suatu perusahaan perlu memahami perilaku konsumen agar
perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Pemahaman tentang perilaku
konsumen itu mempunyai arti penting karena sesungguhnya semua kegiatan
perusahaan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Perusahaan
retail tentunya sadar bahwa dalam era globalisasi pemasaran merupakan kunci dan
faktor penting untuk mencapai sukses. Pemasaran memusatkan perhatian pada
konsumen karena dengan tercapainya kebutuhan dan kepuasan konsumen akan
memberikan keuntungan yang layak dalam jangka panjang. Tujuan kegiatan
pemasaran itu sendiri adalah mempengaruhi konsumen untuk membeli barang dan
jasa perusahaan pada saat itu yang mereka butuhkan. Sedangkan pemasaran menurut
William J. Stanton (1985) didefinisikan sebagai berikut:
“Suatu
sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.”
(Stanton, 1985;7)
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya (Philip Kotler,1995;46)
Harapan konsumen atau
pembeli biasanya dibentuk oleh pengalaman pembelian terdahulu, komentar teman
serta janji atau informasi pemasaran dan saingannya. Untuk memenuhi kebutuhan
dan memberikan kepuasan tersebut, banyak usaha bisnis kecil-kecilan (usaha
pertokoan) berubah menjadi usaha bisnis yang lebih besar (swalayan atau
supermarket)
Supermarket merupakan took yang
menyediakan kebutuhan-kebutuhan konsumen baik untuk jenis makanan dan
non-makanan yang dijual secara rutin sehingga konsumen lebih mudah untuk
memenuhi kebutuhannya.
Pada
dasarnya sukses tidaknya suatu bisnis bergantung pada apakah kita cukup memberikan perhatian terhadap apa yang
dibutuhkan dan diinginkan orang yang menjadi sasaran bisnis kita. Untuk itu
seorang manajer harus selalu inovasi
terus menerus dan menerapkan strategi yang menetap agar bsinis tersebut dapat
berkembang dengan baik. Selain itu untuk meningkatkan kualitas dan memperluas
permintaan pasar, manajer diharapkan mampu melaksanakan strategi marketing mix-nya. Sedangkan strategi marketing mix menurut Basu Swastha dan
Irawan (1990) didefinisikan sebagai berikut:
“Strategi marketing mix adalah kombinasi dari empat kegiatan
yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan system
distribusi. (Swastha dan Irawan, 1990; 78)”
Dalam
kondisi perekonomian sekarang ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang
sangat sesuai dengan fungsi pemasaran yang merupakan salah satu fungsi pokok
yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk dapat berkembang dan mendapatkan
laba yang maksimal.
Melihat pentingnya peranan sikap konsumen dalam
mengambil keputusan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya agar dapat
terpuaskan, maka penulis tertarik untuk membuat skripsi dengan judul: “ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET
INDOGROSIR”
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR
Semoga artikel ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Judul: ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR
Semoga artikel ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
0 komentar:
Post a Comment
Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...