Saturday, April 23, 2011

Jack Trout (diferentiaton)



Tadi siang saya pergi keperpustakaan sebentar. Hanya beberapa jam untuk membaca sebuah buku. Kebetulan saya bertemu dengan teman-teman saya. Saya sempat mencari buku yang saya cari yang menjadi rujukan dosen saya untuk dipelajar. Tetapi kami tidak menemukan buku yang dicari. Yah sudah lah…mereka juga bergegas pulang. Tapi saya ingin rasanya berlama-lama di perpustakaan, karena saya ingin menyempatkan membaca buku. Saya menemukan buku yang sangat menarik berjudul Diferentiation or Die karangan Jack Trout. Secara garis besar Jack memaparkan tentang diferensiasi produk. Ada berbagai jalan menuju Roma, sama halnya dengan diferensiasi sebuah produk. Ada banyak sekali bisa kita ciptakan diferensiasi yang baik untuk produk kita. Kuncinya harus kreatif dan melihat peluang pasar yang sedang berkembang.

Kreatif itu mutlak harus ada pada setiap organisasi yang ingin berkembang ditengah persaingan yang semakin ketat dan global. Perkembangan teknologi mendorong para perusahaan dunia untuk mengilangkan sekat antar regional bahkan antar benua didunia. Lintas samudra sekalipun teknologi sudah menyatukan semua. Sehingga persaingan semakin meluas, dan kita sudah berada di arena persaingan dunia. Produk-produk yang dihasilkan semakin variatif dan konsumenpun kadang susah untuk menentukan produk apa yang menjadi rujukan agar mereka membelinya.

Menurut Jack Trout ada 4 hal yang dipakai konsumen untuk memilih produk. Diantaranya adalah intuisi, pikiran, perasaan dan kesan indra. Dari keempat itu hanya ada satu hal saja yang membuat sebuah keputusan buy or not. Oke kita bahas satu persatu ke 4 hal diatas. Pertama adalah Intuisi. Konsumen yang mengandalkan intuisi untuk mebeli sebuah produk biasanya tidak suka mengidentifikasikan sebuah produk secara detai, artinya konsumen ini hanya mengandalkan intuisi semata. Biasanya gambaran secara umum sebuah produk saja yang menjadi rujukan tipe konsumen ini untuk beli atau tidak.
Kedua adalah pikiran. Kalau konsumen yang mengandalkan pikiran biasanya akan lebih kritis dalam memilih produk. Sehingga Logika berfikir ini dipakai. Ketiga adalah perasaan. Konsumen tipe ini lebih mengandalkan perasaan untuk membeli sebuah produk. Biasanya konsumen macam ini adalah konsumen yang loyal sehingga tanpa ada embel-embel persuasive dalam marketing, konsumen ini tetap akan membeli.
Terakhir adalah kesan indra. Konsumen macam ini biasanya hanya membutuhkan 3 detik untuk membuat keputusan beli atau tidak. First Impression adalah pokok utamanya, sehingga tipe konsumen yang menandalkan kesan indra sulit untuk ditebak.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Jack Trout (diferentiaton)
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Jack Trout (diferentiaton)
Semoga artikel Jack Trout (diferentiaton) ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet