Wednesday, April 20, 2011

Pembuatan network (operation research)



Setelah kita mengenal apa itu analisa network, sekarang kita melangkah ke pembuatan network.

Didalam analisa network kita mengenal events (kejadian-kejadian) dan activities (kegiatan-kegiatan).
Activity: Activity atau kegiatan adalah suatu pekerjaan atau tugas, dimana penyelesaiannya memerlukan periode waktu, biaya serta fasilitas tertentu. Biasanya diberi simbol anak panah.
Events: Events atau kejadian adalah permulaan atau akhir dari suatu kegiatan. Biasanya diberi simbol lingkaran.
Sebagai contoh yang menunjukan hubungan antara events dengan activities ini adalah pekerjaan mengecat pintu. Event pertama adalah pintu masih kotor belum dicat, kemudian dilakukan kegiatan pengecatan dan akhirnya setelah kegiatan pengecatan selesai kita peroleh event kedua yaitu pintu telah di cat. Untuk lebih jelasnya contoh ini dapat dilihat pada gambar berikut.


Network untuk suatu pekerjaan proyek dapat disajikan dengan meletakan kegiatan pada lingkaran, atau kejadian (events) pada lingkaran (biasanya disebut activity network). Tetapi biasanya cara yang terakhir inilah yang lebih banyak digunakan, dan akan pakai pada pembicaraan selanjutnya. Untuk menjelaskannya, baiklah kita gunakan sebuah contoh, yaitu pekerjaan membangun rumah. Pekerjaan ini dimulai dengan membuat fondasi, membuat bagian atas (atap), meratakan tanah, membangun tembok dan finishing. Secara terperinci kegiatan-kegiatan tersebut dapat disusun dalam tabel berikut.

 
Hubungan pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat ditunjukan dengan network seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Angka pada anak panah menunjukan jangka waktu yang diperlukan oleh kegiatan yang bersangkutan.


Nanti dilanjut lagi ya :)
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pembuatan network (operation research)
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pembuatan network (operation research)
Semoga artikel Pembuatan network (operation research) ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet