Sunday, April 10, 2011

Tanggung jawab sosial manajer




Tanggung jawab sosial berarti bahwa manajemen mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi di dalam pembuatan keputusannya. Tanggung jawab sosial perusahaan ini merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh para manajer organisasi perusahaan, karena aspek ini merupakan syarat utama bagi berhasilnya perusahaan, terutama untuk jangka panjang. Dengan demikian manajer sekarang dituntut untuk mengimplementasikan etika berusaha (the ethics of managers), terutama dalam hubungannya dengan langganan, karyawan, penemu teknologi, lembaga-lembaga pendidikan, perusahaan perusahaan lain, para penyedia kreditur, pemegang saham, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

Etika berkenaan dengan pendapat tentang benar atau salah, lebih khusus, dengan kewajiban moral seseorang pada masyarakat. Etika ini merupakan sistem ungkapan-ungkapan yang menyangkut prilaku, perbuatan dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dalam hidupnya. Penentuan etika benar dan salah adalah sulit, karena dalam kenyataannya standar-standar moral berubah setiap waktu. Kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat yang sama mungkin mempunyai gagasan-gagasan tentang benar dan salah yang saling bertentangan. Bagaimanapun juga etika para manajer akan sangat mempengaruhi keputusan-keputusan dan kegiatan-kegiatan organisasi. Tentunya etika manajer harus mendasarkan diri pada nilai-nilai atau standar moral yang dinggap baik dan luhur dalam suatu lingkungan atau masyarakat.
Ada 5 faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan pada masalah etika, yaitu: 1. Hukum, 2. Peraturan-peraturan pemerintah, 3. Kode etik industri dan perusahaan, 4. Tekanan-tekanan sosial dan, 5. Tegangan antar standar perorangan dan kebutuhan organisasi. Faktor-faktor ini mempengaruhi etika manajer dengan tingaktan dan pada bidang fungsi yang berbeda-beda.

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa dalam dekade sekarang ini, para manajer semakin dituntuk untuk mengikuti atau menaati hukum dan standar-standar etika masyarakat. Pada waktu yang sama, perhatian manajer harus dipusatkan pada pemberian tanggapan-tanggapan oeganisasi terhadap masalah-masalah sosial. Hal ini mempunyai dua konsekuensi.
1. Banyak organisasi sekarang mengesampingkan tujuan utamanya maksimalisasi keuntungan dan mengalihkan ke pemenuhan kebutuhan yang secukupnya.
2. Pencapaian hasil-hasil yang lebih baik dalam pelaksanaan fungsi tanggung jawab sosial perusahaan sekarang menjadi semacam peralatan untuk membantu sukses organisasi. Bagaimana para manajer memelihara penanganan masalah-masalah sosial akan mencerminkan etika pribadinya, kebijaksanaan-kebijaksanaan organisasi dan nilai-nilai sosial perusahaan pada periode waktu tertentu.

Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Tanggung jawab sosial manajer
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Tanggung jawab sosial manajer
Semoga artikel Tanggung jawab sosial manajer ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet