Monday, April 18, 2011

Riset Pemasaran



Riset Pemasaran

Sistem Riset Pemasaran
Riset pemasaran diartikan sebagai perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentuyang dihadapi perusahaan. Perusahaan-perusahaan riset pemasaran terbagi dalam tiga kelompok, yaitu:

Proses Riset Pemasaran
Riset Pemasaran yang efektif melibatkan lima langkah, yaitu :
Manajer pemasaran harus berhati-hati agar tidak mendefinisikan sutu masalh terlalu luas atau terlalu sempit bagi periset pemasaran.
Tahap ini mengharuskan penyusunan rancangan yang paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Perancangan rencana riset membutuhkan keputusan berikut:
Periset dapat mengumpulkan data sekunder, data primer, atau keduanya. Data sekunder adalah data yang dikumpulkan untuk maksud lain dan data itu telah ada di tempat tertentu. Data primer adalah data segar yang dikumpulkan untuk maksud tertentu atau untuk proyek riset tertentu.
Data primer dapat dikumpulkan dengan cara, sebagai berikut :
Merancang rencana pengambilan sampel memerlukan tiga keputusan, yaitu : Unit pengambilan sampel, Ukuran sampel, Prosedur pengambilan sampel.
Setelah rencana pengambilan sampel ditentukan, periset pemasaran harus memutuskan bagaimana cara menghubungi subjek, dapat melalui surat, telepon, bertemu muka, atau wawancara online.
Merupakan tahap yang paling mahal dan paling sering terjadi kesalahan.
Proses menyaring temuan-temuan yang berguna dari data yang dikumpulkan . Peneliti membuat tabulasi dan distribusi frekuensinya.
Sebagai langkah riset pemasaran terakhir, para peneliti menyajikan temuan-temuan mereka. Peneliti harus menyajikan temuan-temuan mereka yang relevan dengan keputusan pemasaran utama yang dihadapi manajemen .
Para manajer yang mengadakan riset perlu memberi bobot atas buktinya.
Mengukur Produktivitas Pemasaran
Tugas penting pemasaran adalah menilai efisiensi dan efektivitas aktivitas pemasaran. Dua pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur produktivitas ini adalah :
Merupakan perangkat ukuran yang membantu perusahaan menghitung, membandingkan, dan mengintrepretasikan kinerja pemasarn mereka.

Peramalan dan Pengukuran Permintaan
Ukuran pasar bergantung pada jumlah pembeli yang mungkin ada untuk tawaran pasar tertentu, ada beberapa cara untuk menguraikan pasar :
  • Potensi Pasar Total
Jumlah penjualan maksimum yang mungkin tersedia bagi seluruh perusahaan pada industri tertentu selama periode yang sudah tertentu. Cara umum untuk mengestimasinya adalah estimasikan jumlah potensi pembeli dan kalikan dengan jumlah rata-rata yang dibeli oleh seorang pembeli serta kalikan dengan harganya.
  • Potensi Pasar Wilayah
Ada dua metode yang digunakan untuk menilai potensi pasar, yaitu : metode pembentukan pasar yang digunakan oleh para pemasar bisnis/perusahaan dan metode indeks berbagai faktor yang digunakan khususnya oleh para pemasar konsumen/barang konsumen.
  • Penjualan Industri dan Pangsa Pasar
Perusahaan perlu mengetahui penjualan industri aktual yang terjadi di pasarnya, yang berarti mengidentifikasi para pesaingnya dan mengestimasi penjualan mereka.
Untuk mengestimasi permintaan yang akan datang perusahaan dapat melakukan survey atas maksud pembeli, meminta masukan dari tenaga penjualnya, mengumpulkan pendapat para pakar, dan melakukan uji pasar.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Riset Pemasaran
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Riset Pemasaran
Semoga artikel Riset Pemasaran ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet