Thursday, April 21, 2011

Teknik Proyeksi Bisnis



Teknik Proyeksi bisnis merupakan suatu cara atau pendekatan untuk menentukan ramalan (perkiraan) mengenai sesuatu dimasa yang akan datang. Proyeksi (forecast) menjadi sangat penting karena penyusunan suatu rencana diantaranya didasarkan pada suatu proyeksi atau forecast.

Didalam ilmu-ilmu sosial segala sesuatu yang akan dterjadi di masa yang akan datang tidak ada yang terjadi secara pasti. Yang terjadi di masa yang akan datang akan penuh dengan risiko dan ketidakpastian. Untuk mengurangi resiko dan ketidakpastian dimasa yang akan datang, manajemen perlu melakukan proyeksi atau forecast terutama forecast mengenai penjualan. Forecast penjualan tersebut sebagai dasar untuk menentukan rencana penjualan. Rencana penjualan akan ditentukan dengan memperhatikan forecast penjualan dan memperhatikan sumber daya yang dimiliki. Dari sinilah rencana-rencana yang lebih operasional akan ditentukan kemudian.
Kelangsungan hidup suatu organisasi (khususnya organisasi bisnis) di masa yang akan datang diantaranya tergantung pada lingkungan.

Lingkungan pertama adalah lingkungan kontrol dan sosial. Lingkungan ini akan mempengaruhi perusahaan, tetapi perusahaan pada umumnya tidak bisa mempengaruhi perusahaan, tetapi perusahaan pada umumnya tidak bisa memperngaruhi lingkungan tersebut. Lingkungan kontrol biasanya datang dari pemerintah yang berbentuk hukum dan aturan-aturan. Selain itu organisasi buruh juga merupakan lingkungan kontrol tersendiri bagi perusahaan. Lingkungan sosial adalah masyarakat khususnya masyarakat disekitar perusahaan. Masyarakat akan mempengaruhi peruahaan dengan adat istiadat, etika, kebiasaan dan lain-lain.

Lingkungan kedua adalah lingkungan teknologi. Lingkungan ini akan mempengaruhi perusaan dengan penemuan dan produk teknologi yang baru. Bagi peruahaan perubahan teknologi tidak bisa dihindari.

Lingkungan ketiga adalah lingkungan ekonomi makro. Lingkungan ini menyangkut keadaan perekonomian secara umum seperti pendapatan perkapita, jumlah penduduk, jumlah angkatan kerja. Keadaan tersebut dalam jangka pendek maupun jangka panjang akan mempengaruhi perusahaan dalam kebijakan-kebijakan mengenai penjualan, produksi, sumber daya dan lain sebagainya. Lingkungan ekonomi makro bisa diramalkan terjadinya.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Teknik Proyeksi Bisnis
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Teknik Proyeksi Bisnis
Semoga artikel Teknik Proyeksi Bisnis ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

2 komentar:

webpages said... Balas Komentar

wah boleh juga artikel'a gan,ijin copas ya buat belajar :)

Wienz said... Balas Komentar

silahkan gan...

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet