Tuesday, April 19, 2011

Analisa Network



Sejarah Analisa Network

Konsep network ini mula-mula disusun oleh perusahaan jasa knsultan manajemen Boaz, Allen dan Hamilton yang disusun untuk perusahaan pesawat terbang Lockheed. Kebutuhan penyusunan network ini dirasakan karena perlu adanya koordiansi dan pengurutan kegiatan-kegiatan peabrik yang kompleks, yang saling berhubungan dan saling tergantung satu sama lain. Hal ini dilakukan agar perencanaan dan pengawasan semua kegiatan itu dapat dilakukan secara sistematis, sehingga dapat diperoleh efisiensi kerja. Nama prosedur ini disebut PERT (Program Evaluation and Review Technique). Banyak lembaga-lembaga lain yang kemudian juga dapat menerapkan/ menyusun konsep analisa network ini. Akibatnya nama untuk menyebut analisa network ini banyak sekali, meskipun konsepnya hampir sama. Nama yang paling umum dipakai adalah PERT dan CPM (critical path method).
CPM disusun pertama kali oleh Du Pont Company tanpa meniru PERT, tetapi kedua metode itu konsepnya hampir sama. Meskipun konsep kedua metode yang disebutkan diatas hampir sama, tetapi ada sedikit perbedaan. CPM berusaha untuk mengoptimumkan biaya proyek total (total project cost) bila jangka waktu proyek diperpendek (dengan memperpendek salah satu atau beberapa kegiatan proyek itu). Jadi CPM mengusahakan opitimalisasi biaya total (overhead dan activity cost) untuk jangka waktu penyelesaian yang bisa dicapai.

Manfaat Analisa Network

Analisa network bisa digunakan utnuk merencanakan suatu proyek antara lain:
1. Pembangunan rumah, jalan atau jembatan
2. Kegiatan Penelitian
3. Perbaikan, pembongkaran dan pemasangan mesin pabrik.
4. kegiatan-kegiatan advertensi
5. Pembuatan kapal, kapal terbang.
6. Kegiatan-kegiatan penataran dan sebagainya.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Analisa Network
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Analisa Network
Semoga artikel Analisa Network ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

2 komentar:

onlinetourservices.com said... Balas Komentar

Manteb nih artikelnya jadi nambah wawasan

Wienz said... Balas Komentar

makasih gan :)

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet