Monday, April 18, 2011

Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan Barang Elektronik Yang Efektif Dan Efisien Di Yogyakarta



 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan Teknologi khususnya dibidang teknologi informasi dan internet banyak merubah paradigma tetang pemasaran diseluruh dunia. Sejak awal abad 20 teknologi informasi kerap dijadikan suatu alat pengungkit atau leverage bagi marketer atau pemasar didunia. Karena media ini sangat berkembang sangat cepat, sehingga sasaran target pasar sasaran bisa tercapai. Selain Efektif karena dapat menyentuh langsung target pasar sasaran, pemasaran dalam internet juga efisien dalam hal biaya. Sehingga media ini sangat menarik bagi perusahaan khususnya perusahaan elektronik dalam memasarkan produk dalam kota Yogyakarta.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan internet dalam memasarkan produk elektronik di Yogyakarta. Karena di kota Yogyakarta cenderung masih sedikit perusahaan yang berani memasarkan secara online di internet di bandingkan dengan kota lainnya semisal Jakarta dan Surabaya.


Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan internet, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber pemasaran yang efektif dan efisien khususnya di kota Yogyakarta.
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :





Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
.
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian (www.wikipedia.com). Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global (www.jurnal-kopertis4.org).   Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya  (www.andhika.com).
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran adalah e-commerce.  Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. . Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1) dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2) dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3) dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4) dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.


Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai media atau sarana dalam pemasaran produk perusahaan.

Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah Pengusaha Elektronik dan pengguna Elektroni di Yogyakarta.


Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.

Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.



Anonim. (2005). Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia. www.jurnal-kopertis4.org. diambil 10 Januari 2010.
.

Anonim. (2005). Kamus Istilah Internet.(www.wikipedia.com). diambil 10 Januari 2010.


Andhika. (2005). Apa itu Internet ? (www.andhika.com). diambil 10 Januari 2010.
Dasril (2008). Pengertian E-Commerce (http://dasril.wordpress.com/e-commerce/pengertian-e-commerce/) diambil pada 10 Januari 2010.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan Barang Elektronik Yang Efektif Dan Efisien Di Yogyakarta
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan Barang Elektronik Yang Efektif Dan Efisien Di Yogyakarta
Semoga artikel Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan Barang Elektronik Yang Efektif Dan Efisien Di Yogyakarta ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet