Sunday, February 24, 2013

Arti dari Monopoli



Monopoli adalah suatu keadaan dimana di dalam pasar hanya ada satu penjual. Sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Ini adalah kasus monopoli murni atau pure monopoli. Dalam kenyataan sulit untuk mendapatkan contoh dari suatu perusahaan monopoli murni, dimana sama sekali tidak ada unsur persaingan dari perusahaan lain. Karena seandainya pun hanya ada satu penjual di pasar, sehingga tidak ada persaingan langsung dari perusahaan lain, kemungkinan masih ada persaingan yang tidak langusng. Misalnya dari produk atau barang perusahaan-perusahaan lain yang bisa merupakan subtitusi (meski subtitusi yang tidak sempurna) untuk barang yang dihasilkan oleh prusahaan monopoli.

Misalnya PJKA mendapat saingan dari perusahaan angkutan bis dan truk. Macam persaingan tidak langsung lain adalah kemungkinan adanya peruahaan-perusahaan baru yang masuk ke dalam pasar (sering disebut dengan istilah 'persaingan potensial'). Karena adanya persaingan potensial ini, perilaku seseorang produsen monopoli tidak bebas seperti apa yang digambarkan dalam kasus monopoli murni. Demikian pula dengan campur tangan pemerinatah bisa merupakan faktor pembatas bagi "kekuasaan monopoli" suatu perusahaan.

Suatu perusahaan monopoli bisa timbul karena beberapa sebab, antara lain:

  1. Pengusahaan Bahan Mentah Strategis. 
  2. Hak Paten
  3. Terbatasnya Pasar
  4. Pemberian Hak monopoli oleh pemerintah

Penguasaan Bahan Mentah Strategis
Kalau X adalah input utama untuk produk Y, maka penguasaan sumber-sumber X  akan menimbulkan perusahaan monopoli untuk barang Y, dengan jalan menolak penjualan X kepada prusahaan-perusahaan lain.

Hak Paten.
merupakan suatu sumber terjadinya monomoli untuk suatu macam barang tertentu, atau cara produksi tertentu.

Terbatasnya Pasar.
Dibanding dengan skala minimum perusahaan merupakan sumber lain, karena pasaran untuk suatu barang adalah terbatas, mungkin hanya bisa memberikan "ruang hidup" untuk suatu perusahaan. Dengan istilah lain, karena adanya economics of scale yang bersar, tetapi luas pasar yang terbatas, maka satu perusahaan saja sudah mampu memenuhi permintaan pasar. Akibatnya perusahaan yang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut akan mengalami kesulitan mengambil pasar.

Pemberian Hak monopoli oleh pemerintah
merupakan sebab lain timbulnya perusahaan monopoli.

Demikian arti dari monopoli . Semoga menambah wawasan anda dalam belajar tentang monopoli.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Arti dari Monopoli
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Arti dari Monopoli
Semoga artikel Arti dari Monopoli ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet