Tuesday, November 30, 2010

Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen



Pasar bisnis terdiri dari semua organisasi yang mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual, disewakan atau dipasok ke organisasi lain. Industri utama yang termasuk didalam pasar bisnis adalah pertanian, perhutanan dan perikanan; pertambangan; manufaktur; konstruksi; transportasi;komunikasi; utilitas public; perbankan; keuangan dan asuransi.

Pemasar bisnis menghadapi banyak tantangan yang sama dengan yang dihadapi pemasar konsumen. Lebih khususnya , memahami pelanggan mereka dan paa yang mereka hargai merupakan hal yang sangat penting bagi keduanya. Meskipun demikian, pemasar bisnis mempunyai beberapa karakteristik pasar konsumen:


Pembeli yang lebih sedikit tetapi lebih besar

Pemasar bisnis biasanya berhubungan dengan pembeli yang jauh lebih sedikit tetapi jauh lebih besar dibandingkan pemasar konsumen. Terutama dalam industri seperti mesin pesawat terbang dan senjata pertahanan.

Hubungan pemasok-pelanggan yang erat

Karena bisnis pelanggan yang lebih kecil serta pengaruh dan kekuatan pelanggan yang lebih besar, pemasok sering diharapkan bisa menyesuaikan penawaran merek dengan kebutuhan pelanggan bisnis secara individu. Pemmbeli bisnis sering memilih pemasok yang juga membeli dari mereka. Produsen kertas mungkin membeli dari perusahaan kimia yang membeli sejumlah besar kertasnya.

Pembelian professional

Barang brang bisnis sering dibeli oleh agen pembelian yang sudah terlatih, yang harus mengikuti kebijakan, batasan dan syarat pembelian organisasi mereka. Banyak instrument pembelian biasanya tidak ditemukan dalam pembelian konsumen.

Pengaruh pembelian berganda.

Umumnya keputusan pembelian bisnis dipengaruhi lebih banyak orang. Komite pembelian terdiri dari ahli-ahli teknik dan hakan manajemen senior menjadi pihak yang sering melakukan pembelian barang-barang utama. Pemasar bisnis harus mengirimkan perwakilan penjualan dan tim penjualan yang terlatih untuk menghadapi pembeli yang terlatih.

Panggilan penjualan berganda

Satu studi yang dilakukan Mcgraw-Hill menemukan bahwa diperlukan empat samap empat setengah panggilan untuk menutup rata-rata penjualan industri. Dalam kasus penjualan peralatan modal untuk proyek besar, perusahaan dapat melakukan berbagai usaha untuk mendanai sebuah proyek dan siklus penjualan antara menyebutkan tugas dan menghantarkan produk.


Permintaan turunan

Permintaaan untuk barang bisnis pada dasarnya diturunkan dari permintaan barang konsumen. Untuk alasan ini , pemasar bisnis harus mengamati secara teliti pola pembelian konsumen akhir. Misalnya, tiga besar pembuat mobil di Detroit berpengaruh besar terhadap lonjakan permintaan produk batangan baja. Sebagian besar permintaan itu diturunkan dari konstannya pertumbuhan penjualan minivan dan truk kecil lain, yang membutuhkan lebih bayak baja dibandingkan mobil.


Permintaan Inelastis

Total permintaan untuk berbagai barang dan jasa bisnis bersifat inelastic-artinya, tidak banyak dipengaruhi oleh perubahan harga. Pembuat sepatu tidak akan membeli kulit lebih banyak lagi jika harga kulit turun, juga tidak akan membeli kulit lebih sedikit jika harga naik, kecuali jika mereka dapat menemukan pengganti yang memuaskan.


Permintaan yang berfluktuasi

Permintaan barang dan jasa bisnis cenderung lebih tidak stabil dibandingkan permintaan barang dan jasa konsumen. Peningkatan persentase sebesar nilai tertentu dalam permintaan konsumen dapat menyebabkan peningkatan persentase yang jauh lebih besar untuk pabrik dan peralatan yang diperlukan untuk memproduksi tambahan outputnya.

Pembeli yang terkonsentrasi secara geografis

Lebih dari setengah pembeli di AS terkonsentrasi di tujuh Negara bagian: New York, California, Pennsylvania, Illinois, ohio, new Jersey, dan Michigan. Konsentrasi produsen secara geografis membantu megurangi biaya penjualan. Pada saat yang sama, pemasar bisnis harus mengamati perubahan regional dalam industri tertentu.

Pembelian langsung

Pembeli bisnis sering membeli langsung dari produsen dan tidak melalui perantara, terutama barang-barang yang rumit secara teknis atau mahal seperti computer mainframe atau pesawat terbang.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen
Semoga artikel Pasar Bisnis Versus Pasar Konsumen ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet