Monday, November 29, 2010

Wisata Three in One Maros




Begitu melewati loket, suara air sungai yang mengalir terdengar jelas. Tidak lebih dari sepuluh langkah dari loket, langsung terhampar pemandangan alam yang menyejukan mata. Yang menonjol dari pemandangan alam tersebut adalah air terjun Bantimurung.

Air terjun itu berasal dari luapan air yang mengalir dari atas dan merambah batu cadas dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Air terjun tersebut bergemuruh sepanjang hari. Uniknya, pemandangan alam itu bisa dinikmati seraya berenang dikolam alami di dekat air terjun tersebut. Airnya terasa sejuk karena memang berasal dari mata air pegunungan.


Pengunjung bisa sekedar berendam menikmati kesejukan air atau berenang diantara cekungan-cekungan sungai dibawah air terjun itu. Lelah berenang, pengunjung bisa beristirahat di pondok-pondok kecil yang terletak di tepi sungai.

Istirahat setelah lelah berenang terasa lebih lengkap dengan tersedianya jajanan khas Maros. Diantaranya adalah songkolo, makanan khas ini berbahan dari beras ketan yang diberi santan. Ada juga makanan yang lebih berat seperti nasi kuning yang disajikan bersama mie goreng, oseng-oseng tempe dan ikan teri.

Waktu yang pas berkunjung ke Bantimurung adalah pada bulan Maret. Pada peak season tersebut, biasanya pengelola melengkapi lokasi wisata itu dengan permainan anak-anak. Salah satunya adalah BomBom Car .

Setelah menikmati air terjun Bantimurung, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri gua prasejarah. Gua Batu dan Gua Mimpi. Dua gua tersebut menyajikan stalaktit dan stalakmit. Bentuknya panjang dan runcing. Bagian tengahnya mempunyai lubang rambut.

Sedikit perjuangan ekstra perlu dilakukan untuk mencapai dua gua tersebut. Dua gua itu berada di lereng gunung Bulusaraung atau tepat di atas air terjun Bantimurung. Tersedia ribuan anak tangga untuk mencapai gua-gua itu. Hal tersebut tentu menjadi tantangan yang menyenangkan bagi penggemar petualangan.

Begitu selesai mendaki ribuan anak tangga, pengunjung langsung disuguhi pemandangan mulut gua Mimpi. Perlu bantuan lampu penerang untuk masuk dan menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit di gua itu. Konon, panjang gua tersebut mencapai 800 meter.

Secara umum, stalaktit yang menggantung di langit-langit gua berbentuk panjang meruncing. Namun ada beberapa yang berbentuk unik, seperti ayam, kucing dan wajah bayi. Stalaktit yang paling menarik perhatian adalah stalaktit yang memunculkan suara khas saat dipukul.

Perlu kehati-hatian saat menyusuri gua tersebut. Sebab, banyak kelelawar yang bergantungan di langit-langit gua. Perjalanan Menyenangkan dan menantang itu perlu waktu sekitar 30 menit.
Tantangan menyenangkan justru berada di ujung perjalanan. Agar bisa keluar dari gua Mimpi, pengunjung harus berjalan mendaki dan menembus beberapa celah kecil di ujung gua.

Setelah menyelesaikan perjalanan menembus gua, pengunjung baru bisa memahami kenapa tempat itu disebut gua Mimpi. Semua yang dialami saat masuk, menyusuri sampai keluar dari gua tersebut terasa seperti dalam mimpi.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Wisata Three in One Maros
Ditulis oleh Belajar Online Shop
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Wisata Three in One Maros
Semoga artikel Wisata Three in One Maros ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet