Saturday, November 27, 2010

Buying Trances



Buying Trances

Trances?bawah sadar? Iya memang betul. Tapi bagaimana pembelian dalam bawah sadar itu? Buku ini mengupas tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan konsumen kita agar membeli produk apapun yang kita jual. Kedengarannya memang BOMBASTIS. Tapi ketika anda melihat judul dan tagline buku tersebut “Cara Membuat Orang Membeli APA PUN yang anda jual” secara bawah sadar anda akan tertarik. Kenapa? Karena kata “APA PUN” dalam kalimat tagline tersebut membawa anda kedalam “trances” pembelian. Penjelasan diatas merupakan salah satu contoh dari pengamatan saya setelah membaca buku tersebut.

Trance merupakan suatu kondisi mental dimana manusia menjadi lebih mudah untuk dinasihati dan diarahkan dibandingkan biasanya. Saat konsumen berada pada kondisi trans pembelian, pemasar memiliki keleluasaan untuk menempatkan dan memosisikan produk para pemasar di benak konsumen, sehingga dapat dengan mudah menggiring kedalam mengambil keputusan membeli. Menurut Roy Garn (tokoh yang diceritakan Joe Vitale) Manusia memiliki 4 hal penting yaitu pemeliharaan diri, percintaan, uang dan penghargaan. Semua keputusan dan motivasi membeli dapat dimasukan kedalam satu atau lebih kategori itu.
Mengkomunikasikan salah satu atau ke-empat motivasi, para pemasar bisa membawa konsumen menuju trans pembelian. Ketika Tagline buku ini saya baca, ada kata yang tercetak capital “APAPUN” , tanpa sadar saya sudah masuk kepada trans pembelian. Karena motivasi saya membeli pada akhirnya buku ini menghasilkan banyak uang.
Menciptakan trans pemebelian bisa mengguanakan suatu iklan televisi atau radio atau apapun. Kunci menciptakan trans pembelian dengan media gambar harus kita fokuskan pada kepentingan prospek dengan menyentuh keinginan konsumen.






Ulasan Bahasa

Sebuah buku, berfungsi untuk mempresentasikan informasi yang terkandung dalam buku kepada pembacanya. Setiap buku harus memiliki isi yang menarik sehingga pembaca tertarik untuk mendalami isi dari buku tersebut. Isi dari buku panduan pun, harus memiliki nilai manfaat yang dapat diaplikasikan oleh para pembacanya. Buku yang baik, adalah buku yang mampu mentransformasikan isinya dari penulis ke pembacanya. Oleh karena itu, seorang penulis buku yang baik, hendaknya dapat memposisikan dirinya sendiri sebagai pembaca, sehingga ia dapat mengevaluasi tulisannya apakah tulisan tersebut mampu dimengerti oleh pembaca, atau justru sebaliknya.
Begitu pula dengan Joe Vitale. Dia mentransformasikan materinya dengan gaya bercerita sehingga kita bisa langsung menginterpretasikannya kedalam pikiran kita. Pembawaannya dalam menuliskan inti dari materi serasa dibuat ‘penasaran’. Karena menurut Joe, penasaran merupakan salah satu trans. Sehingga pembaca tidak mudah bosan dalam membaca.
Apa yang Joe tulis tentang berkomunikasi yang menyentuh trans konsumen sudah tercermin dan dicontohkan dalam bukunya. Semua gagasannya berfokus kepada apa yang diceritakannya.











KELEBIHAN DAN KEKURANGAN


Setelah membaca buku BUYING TRANCES karya Joe Vitale saya terinpirasi dengan ide-ide mutakhir yang sangat penting dalam dunia pemasaran. Saya mengamati pembawaan materi berceritra. Aritnya perpindahan ide yang beliau tuliskan dapat dengan mudah ditangkap, karena penyampaian idenya berupa cerita sehingga mudah dipahami.
Seperti halnya menonton film, dalam bukunya pun dari bab ke bab selalu ada yang membuat penasaran, sehingga pembaca tidak merasa bosan.
Kelengkapan sebuah buku yang bagus sepertinya sudah lengkap dalam buku ini. Mulai dari testimonial dari orang-orang yang kredibel dalam menilai buku yang baik, daftar isi, kata pengantar sampai deskripsi tentang penulisnya.
Testimonial atau pujian-pujian dari orang-orang yang kredibel dalam menilai buku ini membuat buku ini mendapatkan penguatan ‘kepercayaan’ dari para pembaca. Sehingga ga heran buku ini laris terjual alias best seller. Ini berarti apapun yang akan anda jual, harusnya anda mendapat kepercayaan terlebih dahulu dari konsumen anda. Sehingga ketika konsumen anda percaya anda sudah punya step pertama untuk melakukan penjualan. Selain testimony yang saya jelaskan diatas,
Penampilan dari sebuah buku, sangatlah mempengaruhi penyampaiam informasi yang terkandung di dalamnya. Untuk itulah, selain isi, kemasan dari buku tersebut perlu diperhatikan lebih serius. Paduan warna, kesesuaian jenis huruf, ketepatan ukuran huruf, penggunaan table, grafik, gambar dan lain sebagainya juga menentukan kualitas buku yang dibuat. Tampilan isi buku yang menarik (dengan adanya perpaduan warna, pengaplikasian animasi dsb) akan merangsang indera pelihat agar tidak bosan saat membaca buku tersebut. Dengan demikian, isi pun akan mudah tersampaikan.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah desain cover. Jilid buku, harus dirancang mewakili informasi yang terkandung dari isi buku tersebut. Cover yang menarik dapat menumbuhkan minat untuk mengetahui lebih lanjut apa yang disampaiakan dalam isi.


Dalam judul bukunya ‘BUYING TRANCES’ serta tagline dibawahnya “Cara Membuat Orang Membeli APAPUN Yang Anda Jual” merupakan penarik perhatian atau ‘sesuatu’ yang membuat anda masuk kedalam “trance” pembaca. . Joe Vitale adalah seorang penulis, pemasar yang lebih menekankan pada pemasaran hypnosis. Beliau banyak menulis tentang hypnosis selling.
Buku ini sangat menarik dan menurut saya buku ini merupakan bacaan wajib bagi para pemasar. Karena penjelasannya yang sangat detail dengan menjelaskan dengan metode cerita yang mudah dipahami. Sayangnya, cerita yang mengungkapkan setiap materi setiap bab terlalu banyak, sehingga mungkin bagi sebagaian pembaca akan merasa bosan. Akan tetapi bagi yang senang pengungkapan teori dengan gaya cerita mungkin akan menyenangkan
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Buying Trances
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Buying Trances
Semoga artikel Buying Trances ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet