Wednesday, December 15, 2010

Bisnis ,Lingkungan Hidup dan Etika



Ini adalah beberapa kerusakan-kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh bisnis/industri yang tidak mempunyai etika berlingkungan hidup


Krisis lingkungan Hidup.

Masalah sekitar lingkungan hidup baru mulai disadari sepenuhnya dalam tahun 1960-an. Sekaligus disadari pula bahwa masalah itu- secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh bisnis modern, khususnya oleh cara berproduksi dalam industri yang belandaskan ilmu dan teknologi maju. Tentu saja sejak permulaan industri di inggris akhir abad ke 18, sudah terdengar banyak keluhan tentang pengaruh negative dari industri atas lingkungan hidup. Dalam kesusastraan dan sumber-sumber lain dapat kit abaca bagaimana industri mengakibatkan timbulnya kota-kota yang suram dan kotor. Tempat penghunian di sekitar pabrik-pabrik diasosiasikan dengan suasana asap, jelaga, dan bau tidak sedap. Keadaan suram dan gelap di daerah industri, pada waktu itu sering dipertentangkan dengan keadaan romantis di kawasan pertanian dan peternakan. Jika disana bau pupuk alam kadang-kadang bisa menyengat hidung juga, factor kurang bagus itu hanya bersifat sementara dan hilang dalam suatu suasana menyeluruh yang positif.


Akumulasi Bahan Beracun

Industri kimia tidak diperbolehkan lagi membuang limbahnya ke dalam sungai atau Laut. Pembuangan sebelumnya sudah mengakibatkan banyak factor negative, antara lain ikan tidak layak lagi dikonsumsi karena kadar merkuri di dalamnya atau bahan beracun lainnya menjadi terlalu tinggi. Air tanah dicemari dan tidak layak guna lagi diminum oleh manusia dan ternak, karena bahan kimia yang dibuang disitu merembes ke dalamnya. Pestisida yang dipakai untuk meningkatkan produksi pangan ternyata masuk dalam rantai makanan Manusia, sampai air susu ibu (ASI) yang diminum oleh bayi. Beberapa herbisida seperti Silvex yang dulu banyak dipakai, diketahui mengandung dioksin yang merupakan racun kuat dan dapat mengakibatkan Banker. Fosfat dari detergen cuci membuat alga dalam air bertambah bayak dan oksigen berkurang, sehingga memusnahkan bentuk hidup lain dalam air.

Dekade-dekade terakhir ini sering timbul berita dala pers internasional tentang Negara industri maju yang “mengeksport” limbahnya berupa bahan beracun berbahaya ke Negara-negara miskin. Negara-negara miskin tersebut tentu tergiur oleh pembayaran oleh valuta asing, tetapi tidak cukup menyadari dampak negative untuk lingkungan hidupnya selama jangka waktu panjang.


Efek Rumah Kaca

Menurut para ahli suatu gejala yang sangat mengkhawatirkan adalah naiknya suhu permukaan bumi. Hal itu disebabkan oleh greenhouse effect atau efek rumah kaca. Panas yang diterima bumi karena penyinaran matahari, terhalang oelh partikel-partikel gas yang dilemparkan dalam atmosfer oleh ulah manusia, sehingga tidak bisa keluar. Salah satu sebab utama adalah karbondioksida (CO2). Karbondioksida ini terlepas dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan produk-produk minyak bumi lainnya. Jadi industri dan kendaraan bermotor memainkan peran besar dalam mengakibatkan keadaan ini.


Perusakan Lapisan Ozon

Bumi dikelilingi lapisan ozon (O3) dalam atmosfer yang mempunyai fungsi sangat penting, yaitu melindungi kehidupan terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Konsentrasi ozon itu paling besar pada ketinggian kira-kira 20-30 km dari atas permukaan bumi. Rupanya 80% penyinaran sinar ultravioleta dari matahari disaring olehnya.

Perusakan lapisan ozon diakibatkan pelh beberapa sebab yang berbeda. Tetapi menurut para ahli, penyebab paling berpengaruh adalah pelepasan bahan CFC (klorofluorokarbon) ke dala mudara. CFC adalah bahan kimia yang banyak dipakai dalam kaleng penyemprotan aerosol, lemari es, dan alat AC (penyejuk) dan juga dalam karet busa.


Hujan Asam

Sejak beberapa dekade terakhir ini di kawasan industri padat seperti Kanada dan bagian utara dari Amerika serikat, jerman barat, dan negara Belanda terjadi hujan asam (acid rain). Asam dalam emisi industri bergabung dengan air hujan dan mencemari daerah yang luas. Hujan asam merusak hutan dan pohon-pohon lain, mencemari air danau, merusak gedung-gedung, dan sebagainya.


Deforestasi dan Penggurunan

Kayu adalah barang yang sangat laris dalam kalangan bisnis, dan teknologi modern menyediakan alat-alat untuk menebang pohon dengan cepat dan efisien. Konsekuensi logis adalah hutan semakin cepat berkurang dimana-mana, termasuk hutan tropis yang menghasilkan kayu berkualitas tinggi. Hutan dibabat juga untuk memperoleh lahan pertanian baru. Hal itu dilakukan oleh penduduk setempat yang bertambah banyak jumlahnya atau oleh perusahaan.

Penebangan hutan (deforestasi) besar-besaran itu mempunyai dampak penting atas lingkungan hidup. Salah satu fungsi hutan adalah menyerap karbondioksida yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil (industri dan kendaraan bermotor), suatu penyebab penting terjadinya efek rumah kaca.


Keanekaan Hayati

Yang dimaksud dengan keanekaan hayati adalah jenis-jenis kehidupan (species) yang ada di bumi. Kekayaan alam sebagian besar ditentukan oleh banyaknya species. Keanekaan Hayati sangat penting untuk segala aspek untuk segala aspek kehidupan manusia seperti makanan dan obat-obatan.

Lingkungan Hidup dan Ekonomi

Lingkugan hidup sebagai “the Commons”
Menurut Hardin, masalah lingkungan hidup dan masalah kependudukan dapat dibandingkan dengan proses menghilangnya the commons. Disini tidak ada suatu solusi teknis, seperti dalam masalahnya the commons pun tidak ada jalan keluar teknis, misalnya memakai pupuk buatan supaya tersedia rumput lebih banyak. Jalan keluar yang efektif terletak dibidang moral karena pembatasan harus kebebasan harus dilaksanakan dengan adil.






Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Bisnis ,Lingkungan Hidup dan Etika
Ditulis oleh winarno adhi Prasetyo
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Bisnis ,Lingkungan Hidup dan Etika
Semoga artikel Bisnis ,Lingkungan Hidup dan Etika ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.

Artikel Terkait

1 komentar:

BLOGGING INDONESIA said... Balas Komentar

semoga masyarakat sadar dengan kelakuan mereka.

Post a Comment

Komentar anda sangat berguna untuk perkembangan blog anda dan blog ini. Anda mendapat backlink GRAATIS , Silahkan Berkomentar...

 
Copyright © tukang blog
Designer : belajar internet